Merk Susu Yang Terkena Enterobacter Sakazaki

Berita tentang Mr. Enterobacter Sakazaki merebak lagi, yang ini jauh lebih HOT, karena si Peneliti dari IPB tersebut akhirnya menyebutkan merk-merk susu yang di klaim tercemar Mr. Enterobacter Sakazaki…

” Dr. Sri Estuningsih akhirnya buka mulut, tentang merek2 susu yang katanya tercemar Enterobacter Sakazaki, antara lain adalah bebelac, dancow, susu bendera, SGM 2 dan bubur SUN…”

Weleh-weleh… kenapa susu dengan harga terjangkau masyarakat menengah kebawah yang menjadi sasaran enterobacter sakazaki??

Sekedar sharing aja yah? saya, sejak kecil minum susu SGM, dan akhirnya diteruskan ke Dancow, sampai sekarang.. saya juga masi minum Dancow,, walau terkadang kalau bosan diganti susu kedelai. Tapi selama 22 tahun saya hidup, saya tidak mengalami masalah kesehatan yang serius. So???

Adik saya yang paling bontot, lahir dengan berat 1100 gram, sejak bayi, walau ASI diberikan tetapi dia juga diberi susu SGM BBLR, dan sekarang berlanjut ke Dancow.. saat ini dia usia 7 tahun dan tidak pernah mengalami masalah kesehatan serius, So??

Perlu diperhatikan, masyarakat Indonesia, sebagian masih dalam taraf menengah kebawah. masyarakat miskinpun masih sangat  banyak… Untuk para peneliti yang pandai, ataupun masayarakat yang punya uang lebih, itu bukan masalah, mau ganti susu merk apapun juga..no problem…

tapi tolong dilihat, untuk masyarakat yang ga mampu, mereka bila bisa memberi anaknya susu dengan harga terjangkaupun mereka sudah bersyukur sekali.. apa mereka harus beli susu dengan harga selangit agar bisa terhindar dari Enterobacter?

Pasien2 saya mengeluh, takut memberi anaknya susu harga terjangkau tapi digosipkan tercemar, tapi juga tak punya uang untuk membeli susu dengan harga selangit, yang akhirnya mereka hanya memberi makanan seadanya tanpa susu formula..Dampaknya belum akan terlihat 1-3 thn ini, tapi 3-5 tahun kedepan dimana, kekurangan gizi berjalan dalam jangka waktu yang lama, banyak anak Indonesia akan mengalami Gizi Buruk

Gizi buruk di Indonesia belum berakhir, dan semoga tidak akan bertambah lagi balita dengan gizi buruk hanya karena Isu-Isu tak jelas….

BU, sayangi anak anda yah??? Kesehatan anak anda lebih penting dari apapun, tapi kesehatan bukan hanya dari menjauhkan si anak dari hal2 yang membahayakan tapi menjaga agar si anak tetap dalam gizi seimbang. Jadi, Saringlah informasi yang beredar dengan baik. Terimakasih

26 Komentar

  1. anginbiru said,

    15 Maret 2008 pada 10:46 pm

    tapi kok si ibu menteri kesehatan itu komennya agak aneh yak..? dulu beliau pernah berkomentar tentang tikus percobaan yang menderita penyakit apa gitu coz E. sakazaki,, “itu kan di tikus… emangnya anak kita tikus apa?!*

    lah,, bukannya kalo percobaan emang pake mencit dkk itu coz lumayan “deket” sama manusia toh..? tapi kok jawabannya gitu yak..? apa akunya aja yang udah sensi duluan liat sasakan beliau yang setinggi monas ituh..? *kabur!!*

  2. justme182 said,

    16 Maret 2008 pada 2:48 am

    wah gimana sih jadinya padahal sekarang kaka saya lagi hamil lho …
    gimana mau tau kalo susunya itu ada penyakitnya??

  3. fauzansigma said,

    16 Maret 2008 pada 12:39 pm

    humm, jadi ini yg mungkin disebut dengan keterbukaan publik.. mana nama2nya mbak? ya saya sepakat agar para ibu2 tetap manjaga keseimbangan gizi anak2nya.. tentu saja berhubungan dgn kualitas sdm kita

  4. masoelist said,

    16 Maret 2008 pada 1:15 pm

    bubidan yg cakep, wah thank’s banget ya infonya, meski ane lum pny anak(boro2 pny anak nkh aja lum), tp info itu utk keponakan ane…..jd bs lbh ht2 dech klu mbeli’in susu ponakan.

  5. Yayasan Lembaga Konsumen Independen said,

    16 Maret 2008 pada 8:20 pm

    lebih to the point yang ini

    http://produkjelek.wordpress.com/2008/02/27/nama-produk-susu-formula-yang-tercemar-bakteri-telah-diketahui/

  6. Cabe Rawit said,

    16 Maret 2008 pada 10:08 pm

    Untung, ane udah 20 taun… jadi gak nyonyok susu bayi:mrgreen:
    *difecut*

  7. rajarental said,

    16 Maret 2008 pada 11:33 pm

    So?

  8. marjinal0606 said,

    17 Maret 2008 pada 12:04 am

    weleh-weleh, itu to nama-nama susu yang tercemar. aih … aih …. ck…ck..ck.. untuk aku nggak suka susu merek itu …..

  9. QWERTY said,

    17 Maret 2008 pada 10:07 am

    itu semua untuk merek susu pada usia sebelum 1 thn atau semua usia ?

  10. boediarto said,

    17 Maret 2008 pada 10:16 am

    berita nama-nama susu tercemar adalah BOHONG. yang paling berhak untuk mengumumkan hanya BPOM, depkes dan deptan

  11. masdhenk said,

    17 Maret 2008 pada 11:05 am

    Di Indonesia, orang lebih percaya pada Setan sundelbolong dan hantu ambulans, ketimbang hasil penelitian…

    Oh Indonesia ku

  12. bisnis said,

    17 Maret 2008 pada 11:09 am

    SGM? oh my God!

  13. eunikekotambunan said,

    17 Maret 2008 pada 11:11 am

    thx bwt infonya!!!!
    aku emang lum married n poenya anak tapi aku poenya ade jadinya bisa mencegah dluan!!!
    tapi bener juga kata bu bidan bakteri ini gak berpengaruh besar, ka2 aku sering mengkonsumsi susu dancow tapi gak apa2 tuch!!!!
    so what Mr.E.Sakazaki!!!
    Cayooooooooooooo ^_^

  14. ka2rhie said,

    17 Maret 2008 pada 11:35 am

    klo emang itu bner,kcian ade2 Qt donk…
    pa lgi yg kna merk susu yg bnyak dikonsumsi masyarakat menengah ke bawah…

  15. rinierintul said,

    17 Maret 2008 pada 11:41 am

    @euniketambunan : ok,, met kenal yah…

    @bisnis : kenapa ya???

    @masdhenk : bukan gtu mas,, kita sih ok2 aja..tapi dampaknya itu lohh…gizi buruk apa ga lebih serem??

    @boediarto : thanks buat commentna

  16. ishakwin said,

    17 Maret 2008 pada 11:50 am

    Alhamdulillah… desas desus susu beracun bikin kami bingun dah brakhir.
    ma kacih ya..Bu Bidan yang cantik..

  17. baniehaseem said,

    17 Maret 2008 pada 11:55 am

    saya turut prihatin dengan adanya kasus yang menimpa bangsa ini, begitu banyak masalah yang belum dapat solusinya uadah ketambahan lagi yang laen. walau saya masih bujang dan blom mikirin beli susu buat anak…tapi dari hati yang paling dalam saya sanngat sedih dan hanya bisa berharap agar masalah ini segera ditangani dengnan baik oleh pemerintah sehingga tidak berlarut-larut dan menimbulkan keresahan bagi masyarakat awam. sebab, saya peduli dengan masa depan anak-anak negeri ini…..
    salam kenal:) sukses selalu Rinie

  18. taqiku said,

    17 Maret 2008 pada 12:13 pm

    Duh..taqi susunya pake SGM2, apa benar ya? harus cari-cari info lagi nih.tks ya mbak, salam kenal

  19. jhonrido said,

    17 Maret 2008 pada 3:02 pm

    Hayo..apa kerjaan Balai POM dan Depkes selama ini?

  20. GreatQo said,

    17 Maret 2008 pada 3:09 pm

    Haiyaaah..
    Mengerikan..Untung Indomilk gak..
    ~aku langganan~:mrgreen:

  21. zafirahouse said,

    17 Maret 2008 pada 4:22 pm

    yayayaya..

    leboh baik minum aer ja daahh

  22. rama11 said,

    17 Maret 2008 pada 4:29 pm

    kok bisa gawat seperti itu ya. jadi gimana solusi untuk mengatasinya?
    and gimana kita tahu kalau susu yg kita minum tidak mengandung bakteri tersebut?

  23. fery said,

    17 Maret 2008 pada 5:03 pm

    mosok setelah bertahun-tahun berproduksi baru sekarang ketahuannya ya,yang berwenang mengurusin masalah ini kemana aja ?apa itu menjadi bagian dari kebiasaan orang-orang kita yg suka terlambat, jadi dalam menangani sesuatupun ikut-ikutan terlambat…marilah bersama2 menghilang kan budaya suka terlambat

    buat mbakRini salam kenal ya…

  24. suci said,

    17 Maret 2008 pada 6:28 pm

    salam kenal,
    tapi teman-teman perlu ingat bahwa bakteri ini hanya akan berpotensi menyerang anak-anak yang lahir prematur, balita dan asupan gizi ASI nya kurang.
    Nah jadi lebih baik mari kita galakkan minum ASI dari pada susu kaleng. Dokter Utami Rusli yang ahli ASI pernah mengatakan bahwa setiap ASI pun sebenarnya berbeda komposisinya antar ibu menyusui, karena memang diciptakan spesial untuk masing-masing anaknya sendiri.
    jadi mengapa kita harus minum susu sapi dan kambing yang jelas memang bukan untuk kita, lagi pula susu ASI ini gratis. hanya asupan untuk ibunya aja biar banyak yang gak gratis..
    AYO GALAKKAN ASI

  25. 17 Maret 2008 pada 8:27 pm

    sebentar…
    menurut kabar, berita itu dari email di milis apa entah gitu…
    saya sendiri kok kurang begitu percaya sama berita pengungkapan nama-nama susu tercemar itu oleh Dr sri estuningsih…
    sudahkah kita cek sumber berita itu?

  26. pemasaransusu said,

    18 Maret 2008 pada 11:18 am

    Menkes: Jika Sakazaki Bahaya, Pabrik Susu Tutup Semua. Berarti pabrik susu yang pabriknya jorok karena mengurangi anggaran untuk mencuci dan kebersihan. Karena mau untung semata.

    Menurut saya yang belajar perilaku manusia, Dr. Sri Estuningsih merasa beban yang sangat berat dalam hatinya. Setelah mencapai gelar Doktor (S3) yang dibiayai uang rakyat, tidak kuasa melihat kelebihan ilmu yang diberikan Allah kepada dirinya, melihat kenyataan didepan matanya bakteri penghancur manusia bangsanya sendiri.

    Saya yajin Menkes terlalu bisnis oreiented. Kalau dia tahu bahwa dosa yang dia tanggung akan dipertanggungjawabkan di akhirat.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: