Imunisasi HPV Cegah Kanker Leher Rahim di Masa Mendatang

Ada kabar gembira bagi kaum perempuan dalam soal pencegahan penyakit kanker. Saat ini ada imunisasi yang bisa mencegah munculnya kanker serviks (leher rahim) di masa mendatang. Diharapkan, pemberian vaksin pencegah kanker serviks itu bisa melenyapkan penyakit yang menjadi momok bagi kaum perempuan itu.

Temuan mengenai imunisasi pencegah kanker tersebut disampaikan Prof dr Mohamad Farid Aziz, dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar tetap pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Jakarta, pekan lalu. Pada kesempatan itu, Farid membahas masalah Vaksin Human Papilloma Virus: Alternatif Pengendalian Kanker Serviks di Masa Depan.

Sebenernya, kanker serviks ini bisa dicegah apabila wanita melakukan pap smear secara rutin, jadi apabila terdapat kanker serviks sudah diketahui sejak stadium dini dan akan lebih mudah dalam pengobatan selanjutnya.

Farid mengatakan hasil penelitian menunjukkan kanker serviks disebabkan infeksi virus human papilloma virus (HPV). Penelitian yang dilakukan RS Dr Cipto Mangunkusumo bekerja sama dengan Universitas Leiden, Belanda, menunjukkan HPV ditemukan pada 96% penderita kanker. ”Vaksin terhadap virus inilah yang tengah dikembangkan untuk pencegahan melalui imunisasi di masa mendatang. Sama seperti imunisasi yang selama ini dikenal. Efek pencegahan terhadap infeksi HPV diperoleh dari pembentukan antibodi oleh tubuh yang telah mendapat vaksin melalui suntikan.”

Tapi,, yang namanya virus HPV ini, salah satunya dapat ditularkan saat berhubungan seksual………. so kalo ingin mencegah, menurut saya, hal yang paling penting adalah saling setia terhadap pasangan masing2. Setuju???

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: